Jumat, 31 Januari 2020

7 Rekomendasi Gunung Terbaik Favorit Pendaki di Pulau Jawa

Sekarang-sekarang ini, aktivitas mendaki gunung sudah menjadi sesuatu yang begitu populer dan nyaris terkesan ‘biasa’, terutama di kalangan anak muda.Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh eksistensi jejaring sosial yang memiliki kekuatan untuk memunculkan ketertarikan atas informasi pendakian yang begitu cepat beredar yang juga didorong oleh elemen visual yang begitu menawan.Baik video atau foto yang memang kaya akan unsur ‘keindahan’, audiens seakan ‘ditarik’ olehnya dan jadi makin terdorong untuk ikut mendaki gunung.Nah bagi kamu yang juga tertarik untuk mendaki gunung, berikut rekomendasi 7 rekomendasi gunung terbaik favorit pendaki di Pulau Jawa yang tentunya layak untuk dipertimbangkan:


1. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray yang bertempat di Garut, Jawa Barat, memiliki ketinggian 2821 mdpl. Baik untuk pemula maupun profesional, Gunung Cikuray selalu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendaki gunung.
Tanjakan Gunung CIkuray memang terkenal terjal di sepanjang jalur pendakiannya, terutama ketika sudah mulai memasuki hutan.
Yang paling menarik, dari segi iklim, Gunung Cikuray masih terhitung lebih aman dan tidak memberatkan. Alhasil, aktivitas pendakian di Gunung Cikuray akan tetap menyenangkan meski memang medannya berat.

2. Gunung Ceremai


Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Puncaknya yang berada di ketinggian 3078 mdpl, Gunung Ciremai siap menyambut setiap pendaki yang tertantang untuk menaklukkan puncaknya.
Sebagian besar kondisi jalur pendakian dan iklimnya sama seperti Gunung Cikuray, hanya saja Gunung Ciremai sekitar 250 meter lebih tinggi dibandingkan Gunung Cikuray.
Gunung Ciremai sering dianggap sebagai salah satu rekomendasi gunung terbaik favorit pendaki di Pulau Jawa. Gunung ini bisa dicapai dari Cirebon, Majalengka dan Kuningan karena dikelilingi tiga daerah tersebut. Namun, aku sarankan untuk mendakinya lewat Jalur Apuy, Majalengka, Jawa Barat.

3. Gunung Merbabu

Gunung lainnya yang kerap dianggap sebagai gunung terbaik favorit pendaki di Pulau Jawa adalah Gunung Merbabu. Gunung Merbabu dikelilingi oleh Boyolali, Magelang, dan Kabupaten Semarang. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3142 mdpl.
Gunung ini sendiri memiliki keindahan di sepanjang jalur pendakiannya. Ada banyak pilihan jalur di antaranya Jalur Selo, Jalur Wekas, dan lain sebagainya.
Di Puncak Triangulasi sebelum mencapai puncak tertinggi yakni Puncak Kentheng Songo, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu mengagumkan. Terdapat Gunung Merapi yang seakan menyatu dengan lereng Gunung Merbabu dan Gunung Sindoro dan Sumbing di kejauhan.
4. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung yang jalurnya sulit untuk dilalui. Gunung ini berada di sekitar Wonosobo dan berhadapan langsung dengan Gunung Sumbing. Salah satu gunung terbaik favorit pendaki ini juga merupakan salah satu dari empat gunung tertinggi di Pulau Jawa.
Memiliki ketinggian 3153 mdpl, Gunung Sindoro siap menantang siapa saja untuk menggapai puncaknya. Gunung ini memang memiliki lebih sedikit pos perhentian, tetapi menjadi salah satu gunung yang memiliki jalur yang terjal dengan tanjakan yang super melelahkan untuk didaki.

5. Gunung Sumbing

Saudara kembar Gunung Sindoro, memiliki ketinggian 3371 mdpl. Gunung Sumbing menawarkan tingkat kesulitan pendakian yang mirip dengan Gunung Sindoro, dan memakan waktu tempuh pendakian yang lebih lama karena memang lebih tinggi dibanding saudaranya.
Gunung Sumbing menawarkan keindahan yang takkan terlupakan, terutama setelah mendaki terjalnya jalur dan mencapai ketinggiannya. Jangan pernah sia-siakan kesempatanmu untuk mendaki Gunung Sumbing.

6. Gunung Slamet

Gunung Slamet bersama dengan Gunung Sindoro dan Sumbing kerap dijuluki Triple S, yakni tiga dari empat gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah.
Gunung Slamet memiliki ketinggian 3428 mdpl, dikelilingi oleh lima Kabupaten di sekitar Jawa Tengah; Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang, juga dikitari oleh pertanian warga nan subur.
Sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet tentu tidak mudah untuk ditaklukkan. Kondisi jalur pendakian dan beratnya rintangan perjalanan semakin memperberat pendakian, tetapi membuatnya semakin berkesan. Gunung Slamet juga merupakan salah satu rekomendasi gunung terbaik favorit pendaki di Pulau Jawa.

7. Gunung Semeru

Gunung Semeru sudah sangat populer di kalangan pendaki, bahkan bagi mereka yang belum pernah mendaki sekalipun. Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa juga menjadi impian setiap orang untuk ditaklukkan. Setiap orang tentunya sangat tertantang untuk menaklukkan gunung yang satu ini.
Sebagai ‘Atap Pulau Jawa’, Gunung Semeru memiliki ketinggian 3676 mdpl, berada dalam peta wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.
Gunung ini memiliki pesona dan tingkat risiko dalam porsinya sendiri, sehingga menuntaskan pendakian melewati Ranu Kumbolo hingga mencapai Puncak Mahameru adalah sebuah kebanggaan dan pengalaman yang sangat mungkin untuk tidak dilupakan seumur hidup. Dakilah Gunung Semeru paling tidak sekali seumur hidup!