Jumat, 31 Januari 2020

11 Destinasi Wisata Di Padang Dan Sekitarnya Yang Akan Membuat Liburanmu Berkesan

Padang tidak hanya terkenal dengan rendang dan restorannya yang tersebar di seluruh Indonesia saja, lho! Ibukota Sumatera Barat beserta dengan dan kota-kota di sekitarnya ini ternyata memiliki sumber daya alam yang luar biasa, yang berpotensi menjadi destinasi wisata istimewa.


Jam Gadang di Bukittinggi adalah salah satu di antaranya. Selain itu, masih banyak lagi destinasi wisata di Padang yang bisa dikunjungi untuk liburan, yang mungkin sedikit berbeda dari biasanya.
Tertarik menjelajahi destinasi wisata di Padang dan kota di sekitarnya? Simak langsung daftar di bawah ini, ya!

1.Gugusan stalaktit dan stalakmit nyentrik – Goa Batu Kapal, Solok Selatan


Berada di wilayah perkebunan sawit terbesar di Solok Selatan, Goa Batu Kapal menjadi salah satu destinasi wisata ngehits di Sumatera Barat. Hiasan stalagtit dan stalagmit di dinding goa yang begitu mengesankan menjadi daya tarik yang tidak bisa dilewatkan!

2. Pulau yang menakjubkan – Pulau Pamutusan


Pulau Pamutusan menjadi salah satu destinasi wisata di Padang yang harus kamu kunjungi. Dengan banyaknya spot cantik dan lanskap yang mengesankan, lumrah jika pulau kecil ini mulai menyita perhatian banyak wisatawan. Kamu juga bisa melakukan snorkeling di sekitar pulau dan menikmati terumbu karang yang ada.

3. Membiru bersama hatiku – Danau Biru, Sawahlunto


Siapa sangka bekas galian tambang batu bara bisa menjelma menjadi destinasi wisata di Padang dan sekitarnya yang seru dan menawan. Danau Biru di Sawahlunto adalah salah satu di antaranya, di mana danau buatan ini menampung air dengan warna biru yang indah. Dengan panorama keren di sekitarnya, lokasi ini dijamin sangat instagenik deh.

4. Landmark kota Padang – Masjid Raya Sumatera Barat


Salah satu landmark terbaru yang dimiliki Padang dan Sumatera, Masjid Raya Sumatera Barat ini memiliki bentuk yang mengadopsi rumah adat Minangkabau. Karena keunikannya ini, spot tersebut turut menjadi destinasi wisata religi bagi yang berkunjung ke ibukota Sumatera Barat ini.

5. Destinasi selfie yang menawan – Wisata Alam Tonang

Nah, wisata alam Tonang menjadi spot yang tepat bagi kamu yang tertarik dengan wisata selfie. Selain terdapat banyak spot asyik untuk berfoto ria, kamu juga dapat menemukan wahana bermain yang bisa sedikit meredakan stres di kepala.

6. Pulau yang mengesankan – Pasir Timbul, Pulau Siburu, Mentawai


Tidak hanya ada di Kepulauan Derawan dan Raja Ampat, pulau pasir timbul yang eksotik juga tersedia di Padang, tepatnya di Pulau Siburu, Mentawai. Pulau yang hanya akan muncul ketika laut sedang surut tersebut menawarkan eksotisme khas pulau berpasir putih dengan air laut jernih di sekelilingnya. Top banget!

7. Danau vulkanik yang istimewa – Danau Maninjau

Sama seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Maninjau juga merupakan danau vulkanik yang terbentuk di sebuah kaldera yang luas. Panorama alam yang cantik dan luar biasa, ditambah dengan atmosfer alam yang sejuk dan menyegarkan, menjadi daya tarik tersendiri yang tidak bisa dilewatkan.

8. Danau terluas di Sumatera Barat – Danau Singkarak


Danau Singkarak menjadi salah satu danau ikonik di Sumatera Barat. Saking luasnya, danau ini bahkan membentang di dua kabupaten, yaitu Solok dan Padang Panjang. Karena keindahannya, Danau Singkarak juga dijadikan sebagai venue perhelatan olahraga internasional balap sepeda tahunan, Tour de Singkarak, yang sekaligus turut mempromosikan wisata di wilayah ini. Secara umum, nuansa dan panorama yang ditawarkan Danau Singkarak sangat luar biasa deh!

9. Kental nuansa oldies – Kota Tua Padang

Bagi kamu yang doyan dengan pemandangan vintage, Kota Tua Padang adalah salah satu spot menarik yang bisa kamu jelajahi. Tidak sedikit bangunan dengan gaya tempoe doeloe yang tersebar di sejumlah lokasi. Spot ini juga kerap dijadikan sebagai tempat foto prewedding untuk mendapatkan kesan classic. Kota Tua Padang kini juga menjadi salah satu wilayah cagar budaya yang terus dijaga kelestariannya.

10. Air terjun lima tingkat – Air Terjun Bayang Sani, Pesisir Selatan

Air terjun Bayang Sani menjadi air terjun terbesar di kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Ada lima tingkat, meskipun yang baru bisa dikunjungi hanya dua tingkat terbawah. Meski begitu, eksotisme sudah bisa kamu rasakan dengan lelehan air yang cukup deras ke bebatuan tebing, yang menghadirkan pemandangan yang keren.

11. Rumah bunga yang menawan – Green House Lezata Bukittinggi

Taman bunga di Bukittinggi ini wajib menjadi jujukan kamu kala menjelajahi destinasi wisata di Padang dan kota di sekitarnya. Bukan hanya unik dan indah, kamu juga bisa mendapatkan edukasi mengenai tumbuhan yang ada di Green House Lezatta ini. Banyak spot berselfie, yang pastinya akan menambah like dan follower di akun Instagram kamu!